Pasar Bolu, Pasar Unik Di Toraja Utara

Pasar Bolu, Pasar Unik Di Toraja Utara
Transaksi Jual Beli di Pasar Bolu. Foto. Tempo
Saat anda mendengar pasar tradisional mungkin yang muncul dibenak anda adalah kondisi yang ramai, penuh, bau, kumuh, kotor dan tidak menarik untuk dikunjungi. Memang kebanyakan pasar tradisional di Indonesia kurang mendapatkan perawatan dari pihak pemerintah. Namun kondisi berbeda akan anda dapatkan saat anda berkunjung ke pasar Bolu Tana Toraja.

Pasar Bolu adalah sebuah pasar yang berada di poros Rantepao-Palopo Bolu Toraja Utara. Untuk menuju pasar Bolu ini tidak sulit karena tempatnya yang strategis dan mudah dijangkau oleh kendaraan umum. Anda cukup membutuhkan waktu sekitar 10 menit untuk menempuh perjalanan 2 km dari Kota Rantepo dengan tarif terjangkau.

Setelah itu anda akan menemui pepohonan yang tumbuh subur dan bisa menjadi tontonan segar anda dari jendela kendaraaan umum yang anda naiki. Pasar unik di Toraja ini buka setiap hari dari jam 07:00 sampai 18:00. Namun dari keenam hari dalam seminggu tersebut ada satu hari yang dinamakan hari pasaran.

Di hari pasaran tersebut anda akan menjumpai banyak kerbau dengan berbagai jenis.
Pasar tradisional ini oleh masyarakat diberi julukan sebagai pasar kerbau terbesar sedunia, karena paling sedikit terdapat 500 ekor yang diperjualbelikan dalam pasar dengan harga bervariasi mulai dari Rp. 14.000.000,00 hingga ratusan juta dan jenisnya juga bervariasi seperti dibawah ini :

1. Kerbau Saleko atau lebih sering disebut dengan kerbau bule
2. Kerbau Bonga yaitu sama seperti kerbau saleko namun badanya berwarna hitam
3. Kerbau Teken Langit yaitu jenis kerbau yang memiliki tanduk silang
4. Kerbau Balian merupakan jenis kerbau yang dikebiri
5. Kerbau kudu merupakan kerbau hitam pang harganya paling murah

Bagi penduduk Tana Toraja kerbau memang berperan penting dalam kehidupan khususnya untuk nilai ekonomi dan budaya. Kerbau menurut mereka merupakan lambang kemakmuran. Jadi tidak heran kalau saat upacara kematian atau rambu solo pasti mengorbankan kerbau.

Banyaknya kerbau yang dikorbankan oleh pihak keluarga tersebut merupakan tolak ukur kemakmuran dari keluarga tersebut. Untuk memastikannya, silahkan membuktikannya dengan datang langsung ke pasar unik di Toraja yaitu pasar Bolu tersebut. Selamat berwisata.

Subscribe to receive free email updates: