Desa Adat Pallawa Toraja Utara

Desa Adat Pallawa Toraja Utara
Tongkonan Rumah Adat Toraja
Tana Toraja memiliki keanekaragaman adat dan budaya yang menarik yang sayang untuk dilewatkan. Salah satu tempat yang wajib anda singgahi jika berkunjung ke Toraja Utara ialah Desa Adat Pallawa.

Pada dulu kala, Desa Adat Pallawa mempunyai tradisi kanibal. Yang mana, jika ada perang antar desa, manusia yang menjadi korban, dagingnya akan dimakan, dan darahnya akan diminum. Namun, dengan berjalannya waktu, pihak tetua adat suku Toraja menghilangkan tradisi makan daging manusia tersebut dan menggantinya dengan makan ayam, yang mana dikenal dengan nama Pallawa manuk. Jadi, apabila anda berminat untuk berkunjung kesana, tak perlu cemas lagi.

Desa Adat Pallawa merupakan salah satu tujuan wisata yang ada di Kecamatan Sesean. Desa ini memiliki jarak sekitar 12 km dari Rantepao dan terletak di sisi Utara Toraja provinsi Sulawesi Selatan.

Desa ini memiliki 11 tongkonan yang mana masing-masing tongkonan mempunyai lumbung padi yang terdapat pada bagian atap. Atapnya terbuat dari bambu yang ditumbuhi oleh beragam tumbuhan liar. Hal ini dikarenakan usia rumah tongkonan yang telah ratusan tahun. Untuk struktur bangunannya pun terbilang unik karena terbuat dari kayu besi, sehingga tetap berdiri gagah hingga saat ini.

Kini, tongkonan tidak lagi ditinggali. Karena pada dasarnya rumah tongkonan merupakan milik dari keluarga besar, sehingga tidak bisa dimiliki oleh pribadi saja. Jadi, masyarakat setempat membangun rumah-rumah baru yang berada di belakang tongkonan tersebut.

Pemandangan yang dihadirkan disana terbilang cukup indah dan asri. Seolah seperti masih perawan dan belum terjamah oleh tangan-tangan nakal. Selain terkenal karena rumah adat tongkonan desa ini juga terkenal karena seni tenunnya. Anda juga dapat mencoba sendiri seni menenunnya.

Selain itu, bagi anda yang ingin mencari souvenir untuk oleh-oleh tak perlu khawatir karena souvenir juga tersedia disini. Macam souvenirnya berupa kain tenun, gelang, ukiran kayu, senjata hingga kopi khas Tana Toraja. Sesekali, anda dapat mencoba sensasi liburan berbeda di Desa Adat Pallawa.

Subscribe to receive free email updates: