Tempat Wisata di Makassar yang sering di Kunjungi Wisatawan


Tempat Wisata di Makassar yang sering di Kunjungi Wisatawan
Sunset di Pantai Losari
Makassar merupakan salah satu kota dengan garis pantai yang panjang. Kota yang terletak di tepi Selat Makassar ini, memiliki pantai yang sangat terkenal yaitu Pantai Losari. Pantai Losari menawarkan kegiatan berwisata di ruang terbuka sambil memandang laut lepas disertai dengan tiupan angin laut yang sepoi-sepoi. Pantai Losari juga menyajikan pemandangan terbenamnya matahari (sunset), yang merupakan salah satu terbaik di dunia. Selain menikmati suasana Pantai Losari, anda juga dapat mengunjungi situs-situs bersejarah di Kota Makassar seperti Benteng Fort Rotterdam, Museum Balla Lompoa dan Benteng Somba Opu yang tentunya memiliki nilai sejarah yang tinggi. 

Sejak dulu hingga kini Makassar erat dengan kegiatan perdagangan dan bahari. Dengan lokasi yang strategis, menjadikan Makassar sebagai pelabuhan perdagangan. Para pedagang dari Maluku,  Timur Tengah, India dan Cina sering melabuhkan kapal - kapal mereka di pelabuhan Makassar. Komoditi yang dicari dan diperdagangkan adalah hasil laut dan rempah-rempah. Hal ini yang mendorong aktivitas maritim penduduk kota Makassar. Sampai saat ini hasil laut masih merupakan salah satu mata pencaharian utama bagi penduduk pulau-pulau dalam wilayah Makassar. Karenanya tak heran jika berbagai hidangan seafood segar bisa dengan mudah dijumpai di kota yang dahulu bernama Ujung Pandang ini.

Latar belakang budaya dan kekayaan alam yang dimiliki Makassar menyimpan potensi wisata yang besar. Beragam pilihan tempat wisata di Makassar yang bisa anda nikmati mulai dari wisata bahari, wisata sejarah, wisata budaya, hingga wisata kuliner dan belanja yang tentunya akan sangat sayang untuk dilewatkan. 

Berikut tempat wisata di Makassar yang sering di kunjungi wisatawan dari dalam maupun luar negeri.

1. Pantai Losari
Pantai yang terletak di sebelah barat Makassar ini, merupakan salah satu tempat wisata yang menjadi favorit bagi warga Makassar untuk bersantai dan menghabiskan waktu bersama keluarga atau teman. Di atas anjungan yang menghadap ke arah laut kita bisa leluasa menyaksikan matahari terbenam. Pengunjung juga bisa menikmati jajanan khas Makassar seperti Pisang Epe, Es Palu Butung dan Es Pisang Ijo yang dijajakan di sekitar anjungan. Disini juga terdapat fasilitas publik seperti Hotel, Cafe, Restaurant dsb.  

2. Benteng Fort Rotterdam dan Museum La Galigo 
Fort Rotterdam (Benteng Ujung Pandang) merupakan salah satu situs sejarah yang terkenal di Makassar. Benteng peninggalan kerajaan Gowa yang dibangun pada tahun 1545 ini terdiri dari beberapa gedung dengan desain arsitektur beratap pelana. Bentukan jendela dan pintu yang ada di sisi-sisi bangunan mengingatkan kita akan arsitektur rumah zaman dulu yang memiliki ventilasi alami. Sekarang bangunan yang ada di dalam benteng dimanfaatkan sebagai kantor Balai Pelestarian Peninggalan Purbakala Makassar, Taman Budaya dan Museum La Galigo yang merupakan Museum Negeri Provinsi Sulawesi Selatan. Di dalam Museum la Galigo kita bisa mempelajari tatanan budaya masyarakat Sulawesi Selatan mulai dari zaman prasejarah hingga kini.

3. Benteng Somba Opu 
Benteng Somba Opu dibangun oleh Raja Gowa ke IX Daeng Matanre Tumaparisi Kallona pada abad ke XVI (1550 - 1650). Benteng ini merupakan jantung pertahanan kerajaan Gowa dalam melawan penjajahan Belanda. Benteng ini adalah saksi sejarah kegigihan Sultan Hasanuddin serta rakyatnya mempertahankan kedaulatan negerinya. Benteng Somba Opu saat ini lebih tepat dikatakan sebagai reruntuhan benteng dengan sisa-sisa beberapa dinding yang masih tegak berdiri. Benteng ini dihancurkan oleh Belanda setelah berhasil mengalahkan pasukan kerajaan Gowa yang dipimpin oleh Sultan Hasanuddin. Jika anda memasuki kawasan ini, maka akan terlihat sisa reruntuhan tembok benteng yang kokoh dan kuat yang pernah dibangun orang Nusantara. Sekarang di kawasan ini dibangun miniatur rumah tradisional Sulawesi - Selatan seperti rumah tradisional suku Bugis, Makassar, Toraja dan Mandar. 

4. Museum kota Makassar
Sebuah bangunan dua lantai bergaya Eropa abad ke- 17 ini berdiri dengan kokoh dan gagah tepat di tengah kota. Di dalam gedung ini tersimpan 560 koleksi benda bersejarah yang merekam perjalanan Makassar dari zaman ke zaman. Benda-benda koleksi yang dipamerkan termasuk foto, dokumen, bola meriam, mata uang, hingga keramik. Museum ini buka setiap hari kecuali hari Sabtu, Senin dan hari libur nasional.

5. Trans Studio Theme Park
Taman hiburan indoor terbesar no.2 di Indonesia. Dibangun diatas lahan 2.7 hektar , Trans Studio Theme Park menyajikan 22 wahana permainan termasuk wahana utama Studio Lost City, Magic Corner, Tsunami Island, dan Cartoon City. Wahana yang ada di tempat ini diadopsi dari beberapa acara di Trans TV, Trans 7, Universal Studio, dan Disneyland. Di sini juga terdapat beberapa wahana program simulasi.

6. Pulau Samalona
Pulau yang terletak 7 km dari Makassar ini memiliki pantai dengan pasir putih yang indah. Selain bisa menikmati pemandangan laut lepas anda juga dapat bersantai sambil menikmati sajian ikan bakar. Dengan perairan yang dangkal dan jernih menjadikan Samalona cocok dijadikan sebagai lokasi snorkling. Bila menyewa perahu sendiri, kita bisa mendatangi beberapa lokasi memancing disekitar Pulau Samalona. 

7. Pantai Akkarena
Pantai Akkarena merupakan pusat rekreasi keluarga yang terletak dipesisir Pantai Tanjung Bunga dengan luas pengembangan  sampai dengan 10 ha. Keindahan panorama pantai serta keindahan matahari terbenam merupakan daya tarik yang ditawarkan oleh objek wisata ini. Terdapat berbagai sarana bersantai, bermain dan berolah raga bagi seluruh keluarga. Pantai Akkarena juha menawarkan sajian makanan dan minuman lokal maupun internasional serta hiburan live musik.

8. Pusat Sovenir Somba Opu
Di tempat ini anda dapat puas memilih aneka cemilan, suvenir dan hasil kerajinan khas Makassar, seperti perhiasan dan aksesoris yang terbuat dari emas dan perak, sarung sutera dari berbagai etnis di Sulawesi Selatan, pakaian, alat-alat musik, dan lain-lain. Walaupun tidak semua toko di tempat ini menjual suvenir atau lebih tepatnya campuran antara toko suvenir dengan toko emas, cukup banyak pilihan toko yang bisa Anda kunjungi untuk membeli berbagai oleh-oleh. Salah satu oleh-oleh yang terkenal adalah otak-otaksaus khas bercitarasa pedas dan manis.

Subscribe to receive free email updates: