Museum Kota Makassar

Museum Kota Makassar

Museum kota Makassar berlokasi di jantung kota Makassar, tepat disebelah gedung Balai Kota. Bangunan museum ini di bangun pada masa kolonial Belanda sekitar 1916, namun baru diresmikan penggunannya sebagai museum pada 7 Juni 2000 oleh Gubernur Sulsel H.Z.B Palaguna dan pemrakarsanya Walikota Makassar H.B Amiruddin Maula.

Pada zaman kolonial belanda bangunan ini digunakan sebagai kantor perwakilan pemerintah Hindia Belanda yang berkedudukan di Makassar. Gedung ini juga pernah digunakan sebagai kantor walikota Makassar oleh Mr.D.J. Hambrink, Walikota Makasar pada 1918-1927.

Museum Kota Makassar
Pengunjung melihat koleksi benda-benda di dalam musem
Museum ini memiliki berbagai koleksi benda-benda arkeologi serta foto dan dokumen yang berkaitan dengan Makassar pada masa lampau. Anda bisa menyaksikan foto-foto mantan wali Kota Makassar dari masa ke masa, ditempat ini lengkap dengan tahun jabatannya masing-masing.

Selain itu terdapat pula seperangkat lengkap dekorasi dan busana pengantin khas makassar lengkap dengan miniatur patungnya. Terdapat pula beberapa perlengkapan seperti kamera, sepeda, peta-peta wilayah, alat musk tradisional, senjata tradisional hingga patung-patung aneka rupa yang kemtal dengan nuansa tempo dulu.
Museum Kota Makassar
Benda-benda didalam museum
Untuk memasuki museum ini anda tidak akan dikenakan biaya apapun, hanya saja anda akan diarahkan untuk mengisi buku tamu yang disediakan dibagian penerimaan tamu.

Museum ini buka dari pagi hari kerja yakni selasa hingga jum'at mulai pukul 08.00 WIB serta hari minggu pada jam yang sama. Sementara pada hari senin dan sabtu Museum ini tutup.Jika tertarik untuk bertandang, lokasi museum ini tak jauh dari lapangan karebosi, tepatnya berada di jl. Balaikota no 11.

Subscribe to receive free email updates: