Pulau Dutungan, Destinasi Andalan Pecinta Wisata Pulau di Selawesi Selatan

Pulau Dutungan, Destinasi Andalan Pecinta Wisata Pulau di Selawesi Selatan
Pulau Dutungan via Instagram/ @jhify182
Menjelajah wisata alam pesisir barat Sulawesi Selatan (Sulsel) memang tak ada habisnya. Bermacam destinasi wisata pantai tak pelak menyempurnakan keindahan garis perairan dari Makassar hingga Parepare. Selain itu, pesisir barat Sulsel ternyata juga menyuguhkan pesona pulau kerdil yang selama ini menjadi destinasi andalan para pecinta wisata pulau, salah satunya ialah Pulau Dutungan.

Pulau Dutungan dikenal sebagai pulau mungil dengan luas sekitar sembilan hektare. Lokasinya berada di Desa Cilelang, Kelurahan Palanro, Kecamatan Mallusetasi, Kabupaten Barru, Sulawesi Selatan. Objek wisata pulau di Barru ini sudah dikembangkan secara profesional, sehingga secara aksesibilitas sudah cukup bersahabat baik bagi wisatawan lokal maupun wisatawan dari luar Sulawesi.

Perjalanan darat menuju dermaga ke Pulau Dutungan cukup menantang. Dermaga tersebut berjarak sekitar 31 km di sebelah utara pusat kota Barru. Apabila perjalanan di mulai dari kota Parepare maka Anda harus memacu kendaraan ke arah selatan sejauh 20 km. Sementara jika bertolak dari Makassar, perjalanan tentu akan lebih panjang dan melelahkan. Perjalanan selama kurang lebih 3 jam harus ditempuh dengan menyusuri jalan poros Makassar-Barru yang bergelombang di beberapa titik.  Sebelum mencapai perbatasan Kabupaten Barru dengan Kota Parepare, ikuti petunjuk lokasi Pulau Dutungan ke arah kiri. Setelah menyusuri jalan sepanjang 800 m, sebuah dermaga penyeberangan senantiasa menyambut para wisatawan yang tertuju ke Pulau Dutungan.

Menimbang jarak tempuh antara kota Makassar dengan titik angkut menuju Pulau Dutungan, sebaiknya Anda mempertimbangkan menggunakan mobil pribadi. Untuk itu, jangan ragu menggunakan jasa sewa mobil Makassar dari Arsy Tours & Travel. Didukung armada berstandar wisata dan supir berpengalaman, perjalanan Anda menuju objek wisata Pulau Dutungan bersama keluarga dan sahabat dijamin nyaman tak terkendala.

Setibanya di Pulau Dutungan, Anda akan disambut suasana pantai yang masih asri. Pulau beralas pasir putih yang ditumbuhi banyak ilalang, pohon jati, dan bakau tersebut menawarkan pemandangan pantai biru tosca yang sangat jernih. Di sini, pengunjung dapat melakukan snorkeling dan menengok keindahan terumbu karang dan biota laut setempat. Puas bermain air, jangan lupa nikmati pemandangan eksotis berupa gugusan bebatuan dan karang yang menghiasi bagian barat Pulau Dutungan. Saat surut tiba, Anda bisa menjelajahi gua-gua kecil di sela bebatuan besar.

Meski ukurannya yang kecil, wisata Pulau Dutungan tidak minim fasilitas umum. Sebaliknya, di tempat ini sudah dibangun kamar mandi dengan fasilitas air tawar, bale-bale, warung, dan tempat sampah. Selain itu, ada pula penginapan berupa paviliun-paviliun kecil yang dapat Anda sewa dengan harga terjangkau mulai Rp.250.000 per hari. Anda juga dapat menikmati suasana santai seraya memandang horizon dari atas ayunan atau hammock yang digantung di antara rambatan pohon bakau di tepian pantai.

Bagi pecinta kegiatan berkemah, Pulau Dutungan juga cocok dijadikan destinasi andalan. Setiap wisatawan diperbolehkan membangun tenda dengan syarat melapor serta membayar biaya inap sebesar Rp.50.000. Apabila berkesempatan menginap, jangan lewatkan aktivitas memancing dan membakar ikan yang tentunya sangat asik dilakukan di atas bara api unggun saat malam tiba.

Pulau Dutungan memang pantas disebut jawaranya wisata pulau di Sulawesi Selatan. Selain menawarkan potensi alam yang mengagumkan, pulau kecil di selatan Kota Parepare ini pun menyajikan pengalaman wisata alam dan pantai yang komplet. Dengan segala keindahan panorama dan fasilitasnya yang lengkap, Pulau Dutungan sangat recommended untuk Anda kunjungi saat berlibur. Arsy Tours & Travel selalu siap mengawal perjalanan wisata Anda menjadi lebih sempurna. (IA)

Tag: Pulau Dutungan, Lokasi Pulau Dutungan, Wisata Pulau di Sulawesi Selatan, Fasilitas Pulau Dutungan, Jasa Sewa Mobil Makassar, Arsy Tours & Travel

Subscribe to receive free email updates: