Tumbang Datu Bebo Toraja

Tumbang Datu Bebo Toraja

Salah satu destinasi wisata Toraja yang populer dikunjungi oleh wisatawan adalah tumbang datu bebo, Toraja. Tempat wisata ini merupakan salah satu perkampungan adat yang letaknya di kecamatan Sangalla utara. Banyak tempat wisata yang menjadi satu rangkaian wisata di area perkampungan adat tersebut.

Disana terdapat banyak bangunan rumah adat tongkonan, tempat untuk upacara adat, pemakaman purba masyarakat Toraja, kuburan bayi pada pohon, ada mata air, benteng pertahanan jaman purba serta beberapa tempat menarik lainnya yang berhubungan dengan masyarakat Toraja jaman dahulu.

Dengan adanya peninggalan budaya serta adat yang unik dari jaman purba tersebut membuat destinasi wisata yang satu ini menjadi semakin menarik untuk dikunjungi. Sebab banyak destinasi wisata di dalamnya yang masih dijaga dengan baik oleh masyarakat Toraja hingga saat ini. Bahkan tradisi atau adat masyarakat jaman dahulu masih dipegang teguh oleh masyarakat sekitar.

Bahkan tidak jauh dari kawasan wisata tersebut, pengunjung akan menemukan puncak bukit. Dimana terdapat pohon cendana di puncak bukit tersebut dan dijadikan sebagai penanda untuk memperingati perjanjian antar suku yaitu basse kasalle.

Pada tahun 1683 terjadi pertempuran di Tana Toraja disebabkan oleh suku lain. Pada pertempuran itu ada salah satu pemimpin Toraja dari wilayah tertentu bernama tumbang datu dari balik dimana akhirnya dimenangkan oleh para pemimpin Tana Toraja.

Subscribe to receive free email updates: