Menikmati Sejuknya Udara Pegunungan di Perkebunan Teh Malino



Menikmati Sejuknya Udara Pegunungan di Perkebunan Teh Malino
Bicara soal destinasi wisata di Sulawesi Selatan, hampir selalu Pantai Losari yang menjadi tujuannya. Namun, bumi anging mammiri ini sejatinya memiliki banyak destinasi wisata lain yang tak kalah menarik. Sedikit bergeser dari Makassar, dijumpai Kabupaten Gowa yang menyimpan begitu banyak pesona alam. Salah satunya adalah Perkebunan Teh Malino atau juga populer disebut dengan Malino Highlands. 

Seperti namanya, perkebunan teh Malino berlokasi di desa Malino, Kecamatan Tinggimoncong, Kabupaten Gowa. Untuk menjangkau tempat ini tidak sulit. Dari Kota Makassar, Anda dapat memilih jalan poros Gowa Malino. Perjalanan cukup panjang sepanjang kurang lebih 80 km dari pusat Kota Makassar ke Perkebunan Teh Malino tidak akan membosankan. Pasalnya, di sepanjang perjalanan Anda akan disuguhkan pesona alam yang tiada henti.

Dengan jalanan yang menanjak dan cukup berkelok, keindahan bendungan Bili-Bili akan tersuguh selang beberapa waktu Anda memasuki kabupaten Gowa. Bergeser dari bendungan terbesar di Sulawesi Selatan itu, pesona di kanan kiri jalan yang dilewati tak juga habis. Saat Anda berkunjung ke tempat ini pada musim kemarau, akan terlihat sembulan batu-batuan yang terhampar luas di dasar Sungai Jeneberang. Batu-batuan itu merupakan muntahan erupsi Gunung Bawakaraeng pada masa lalu.

Perjalanan akan semakin menyenangkan saat Anda sudah memasuki Malino. Kawasan yang berjuluk Kota Bunga ini menawarkan beragam bunga. Sebagai eks kota Belanda, tak mengherankan jika bunga yang tumbuh di wilayah ini sebagian besar juga dijumpai di Negeri Kincir Angin. Salah satu yang unik adalah bunga Sepatu Dea (Spathodea). Bunga dengan pohon besar itu banyak dijumpai di sisi kanan kiri jalan poros Malino, terlebih di kawasan depan Kecamatan Tinggi Moncong. Rona warna oranye Sepatu Dea  akan semakin menceriakan perjalanan Anda yang sebentar lagi segera memasuki Perkebunan Teh Malino.

Tak berselang berapa lama kemudian hamparan pohon pinus berjejer di kanan kiri jalan akan terlihat bak pengawal menyambut kedatangan Anda. Sesampainya di Perkembunan Teh Malino, mata akan semakin dimanjakan dengan pemandangan hamparan hijau kebun teh yang begitu luas. Lokasinya yang berada di kaki Gunung Bawakaraeng membuat suasana di perkebunan teh ini begitu sejuk.

Saat cuaca bersahabat, pemandangan hijau ini sangat menarik untuk diabadikan dalam foto maupun video. Akan tetapi, jika sedang hujan Anda akan menjumpai perkebunan ini berselimut kabut. Meski demikian, hal ini tak akan mengurangi pesona perkebunan teh Malino. Syahdunya rintik hujan dipadu udara khas pegunungan yang dingin dijamin akan menjadi obat mujarab untuk merilekskan tubuh, setidaknya sejenak menepi dari hiruk pikuk ibu kota.

Anda yang hobi ngeteh bisa juga menikmati sajian minuman teh sehat yang dipetik langsung dari perkebunan ini. Di kawasan wisata ini terdapat Green Café Pekoe yang menyajikan minuman teh dengan gaya berbeda. Café ini berasitektur Jepang dan fasilitas termasuk pelayanannya serba bergaya Jepang. Kostum para pramusajinya pun ala Negeri Sakura. Sebagai pelengkap ngeteh, di tempat ini juga dijajakan beragam snack dan makanan.

Tentu sangat menarik bukan?! Anda bisa menikmati minum teh ala orang Jepang tanpa perlu jauh-jauh terbang ke negeri asal Doraemon itu. Oleh karena itu, tunggu apalagi, segera jadwalkan liburan Anda ke perkebunan teh Malino dan jadikan Arsy Tours & Travel sebagai mitra perjalanan wisata Anda. Kami menyajikan layanan wisata berkualitas prima dengan harga yang bersahabat. (y*)

Tag: Menikmati Sejuknya Udara Pegunungan di Perkebunan Teh Malino, Perkebunan Teh Malino, Malino Highlands, Malino, Kota Bunga, Tinggimoncong, Arsy Tours & Travel

Subscribe to receive free email updates: