Sarana Transportasi Murah di Makassar

Berwisata ala backpacker kini nampaknya sedang menjadi tren di kalangan mereka yang gemar travelling. Untuk itu pengetahuan tentang angkutan umum atau sarana transportasi publik, tentunya menjadi bekal penting bagi mereka yang ingin berwisata nyaman dan aman dengan dana secukupnya.

Berikut informasi mengenai sarana transportasi murah yang ada di kota Makassar :

1. Pete-pete


Sarana Transportasi Murah di Makassar

Merupakan kendaraan sejenis mikrolet yang biasa menggunkan Daihatsu Zebra atau Suzuki Carry, yang dalam bahasa Makassar 'pete-pete' sesungguhnya bermakna sebagai uang logam recah. Kabarnya bahasa ini digunakan karena dahulu orang menggunakan uang logam receh untuk membayar, sehingga kemudian angkutan ini dinamakan 'pete-pete'.

Tarif rata-rata perjalanan menggunakan pete-pete berkisar antara Rp.5000, kendaraan ini merupakan jenis angkutan umum yang paling banyak beredar di wilayah makassar. Jam operasinya mulai dari pukul 05.00 hingga pukul 24.00,

Seperti halnya yang kerap terjadi di kota-kota besar. sebaiknya jika ingin aman menggunakan angkutan ini harus cermat memilih pete-pete, jangan naik apabila sepi dan harus lebih waspada pada malam hari. Pete-pete di makassar rata-rata berwarna biru muda serta menggunakan kode huruf dan angka untuk pembagian treknya.

2. Becak

Sarana Transportasi Murah di Makassar

Seperti halnya di Jawa, becak juga merupakan salah satu alat transportasi yang berkembang di kota Makassar. Bentuknya tak beda jauh kecuali ukurannya yang sedikit lebih ramping. Pengemudi becak di Makassar biasa juga dipanggil 'Daeng' atau 'Daeng Becak' seperti panggilan pada umumnya yang populer dikota lain.

Untuk tarif becak tidak punya patokan khusus melainkan sangat bervariasi tergantung daya tawar kita dengan 'Daeng Becak' yang bersangkutan dalam kaitannya dengan jarak tempuhnya.

Umumnya becak dikota ini hanya digunakan untuk transportasi jarak dekat sekitar 2-5KM dengan tarif berkisar antara Rp.5000-15000. Namun sekali lagi tentunya itu tergantung dengan daya tawar menawar. Biasanya jika terlihat sebagai pandatang atau wisatawan, harga akan dipatok lebih mahal.

3. Bentor

Sarana Transportasi Murah di Makassar

Bentor merupakan singkatan dari Becak Motor yang merupakan alat transportasi yang terbilang baru di wilayah Makassar. Bentuknya becak namun pengendaranya menggnakan motor. Berbeda dengan yang biasa ditemukan di wilayah Sumatra, bentor di wilayah Sulawesi mendudukan penumpangnya di bagian depan. Oleh karena itu selalu waspada, apalagi jika sang pengemudi tampak ugal-ugalan dalam mengendarai bentornya.

Subscribe to receive free email updates: