Pesona Wisata Budaya "Butta Toa" di Bantaeng

Pesona objek wisata Bantaeng seakan tidak ada habisnya. Selain wisata alam yang menyajikan pemandangan yang begitu indah. Bantaeng juga memiliki wisata budaya yang tak kalah menariknya dengan daerah lain. Berikut beberapa tempat wisata budaya "Butta Toa" di Bantaeng, yang dapat anda kunjungi :

1. Rumah Adat Balla Lompoa

Rumah Adat Balla Lompoa

Rumah adat Balla Lompoa merupakan kediaman seorang raja pada zaman kerajaan di Butta toa, yakni Karaeng Pawiloi yang memimpin kerajaan Bantaeng, pada Tahun 1912-1947. Salah satunya adalah Balla Lompoa yang terletak di Jalan Bolu, Kampung Lantebung (ilalang), Kelurahan Letta, Kecamatan Bantaeng.

Rumah adat yang satu ini berbentuk rumah panggung yang terdiri dari bangunan induk dan bangunan tambahan samping sebagai serambi. Bubungan atapnya berbentuk segituga dan terdapat anjungan berbentuk kepala naga pada bagian depan dan ekor naga pada bagian belakang yang terbuat dari kayu.

Pada Balla Lompoa (rumah besar) ini, sering diadakan berbagai acara adat. Selain itu dirumah adat ini juga dijadikan sebagai tempat penyimpanan sejumlah benda pusaka.


2. Makam Raja-Raja La Tenri Ruwa

Makam Raja-Raja La Tenri Ruwa

Makam raja-raja La Tenri Ruwa merupakan kompleks makam yang terletak di tengah Kota Bantaeng, tepatnya di Jalan Pemuda Lingkungan Lembang Cina, Kelurahan Pallantikang, Kecamatan Bantaeng. Lokasi makam tersebut berjarak sekitar 130 kilometer dari arah Kota Makassar.

Beberapa keunikan yang dimiliki atas makam yang satu ini, karena pada daerah pemakaman tersebut bukan lagi menjadi hal mistis bagi kalangan anak-anak.

Dalam makam La Tenri Ruwa ada banyak pemandangan menarik yang dapat dinikmati para pengunjungnya. Bahkan di sini terdapat taman, jalan setapak, kolam, kursi taman dan ruang istrahat yang pastinya turut menambah keelokan makam dari Raja Bone ke-11.

Raja Bone ke-11 merupakan raja yang pertama kali menerima ajakan dari Raja Gowa ke-14 I Mangerangi Daeng Manrabbia Sultan Alauddin untuk memeluk Agama Islam. Makam La Tenri Ruwa sangat melegenda dan begitu dikenang di Bantaeng, karena La Tenri Ruwa memilih tinggal di Bantaeng setelah merasa terkucilkan di tanah kelahirannya Bone. Namanya pun bahkan dipatenkan menjadi maskot di pekuburan para bangsawan di Bantaeng.

3. Mesjid Tua Lompong

Mesjid Tua Lompong

Mesjid Tua Lompong merupakan mesjid kuno yang memiliki atap tumpang tiga dan menjadi salah satu objek yang dikunjungi wisatawan. Lokasinya berada jalan poros Bantaeng-Makassar, tepatnya di Jalan Bolu, Kelurahan Letta, Kecamatan Bantaeng, Kabupaten Bantaeng Propinsi Sulawesi Selatan, Indonesia.

Mesjid yang menempati areal tanah wakaf seluas 857 meter persegi ini memiliki atap bentuk tumpang tiga. Bangunan induknya terdiri dari penampil dan tubuh masjid. Dinding masjid di bagian utara, selatan, dan barat terbuat dari tembok yang mempunyai ventilasi udara dan roster porselin berwarna hijau.

Dinding masjid di bagian Timur terdapat empat pilar dengan arsitek Eropa. Pada puncak masjid terdapat mustak yang terbuat dari keramik masa dinasti Ming. Di dalam halaman sebelah timur masjid terdapat dua buah gapura pintu masuk yang berbentuk setengah lingkaran. Lalu di sebelah kiri dan kanan gapura terdapat dua buah kolam yang dapat difungsikan sebagai tempat berwudhu.

4. Gua Batu Ejayya

Gua Batu Ejayya

Gua Batu Ejayya terletak di Kelurahan Bontojaya, Kecamatan Bissappu. Lokasinya berjarak sekitar 16 kilometer dari pusat kota Bantaeng dengan waktu tempuh perjalanan sekitar 45 menit. Cukup mudah menjangkau tempat ini dan jalan aksesnya relatif bagus untuk segala jenis kendaraan.

Meski sedikit berbatu, pemandangan selama perjalanan terbilang indah. Pengunjung disuguhi pemandangan pohon kapuk randu besar yang berjejer.

Objek wisata Gua Batu Ejayya tergolong unik dan langka. Gua ini dikelilingi bebatuan karst. Bahkan berbagai cerita yang berkembang mengatakan kalau tempat ini merupakan rumah pertama pribumi Bantaeng. Banyak keunikan saat mengeksplorasi setiap sudut gua.

Sumber : http://july30buttatoa.blogspot.com/

Subscribe to receive free email updates: