Menjelajah Eksotisme Pegunungan Karst Rammang-Rammang di Maros

Menjelajah Eksotisme Pegunungan Karst Rammang-Rammang di Maros

Berbicara mengenai wisata alam, Sulawesi Selatan mempunyai sejumlah tempat wisata alam yang patut Anda kunjungi. Apabila bosan dengan wisata pantai, Anda bisa menjajal wisata bernuansa pegunungan.  Kali ini, Anda akan kami ajak menjelajahi eksotisme pegunungan karts Rammang-Rammang di Maros, Sulawesi Selatan.

Pegunungan Karst Rammang-Rammang terletak di Dusun Rammang-Rammang, Desa Salenrang, Kecamatan Bontoa, Kabupaten Maros, Sulawesi Selatan. Lokasinya berjarak kurang lebih sekitar 40 km dari Kota Makassar.

Akses menuju  tempat ini dapat ditempuh melalui jalur darat baik dengan kendaraan pribadi maupun angkutan umum dari Kota Makassar sekitar 1,5 hingga 2 jam perjalanan. Rute yang dilalui jika menggunakan angkutan umum sangatlah mudah. Dari Kota Makassar, Anda cukup naik taksi atau pete-pete ke wilayah Mandai dan berhenti di depan Bandara Sultan Hasanuddin.

Perjalanan kemudian dilanjutkan ke Kabupaten Pangkep dan turun di pertigaan pabrik semen Bosowa. Anda dapat berjalan kaki maupun menggunakan pete-pete untuk menuju ke pabrik semen Bosowa sejauh 500 meter. Perjalanan menuju Pegunungan Karst belum berhenti sampai disini. Anda masih harus menaiki perahu menyisiri Sungai Pete untuk dapat sampai ke dermaga Rammang-Rammang.

Anda tak perlu khawatir akan merasa bosan selama perjalanan. Sepanjang perjalanan, Anda akan disuguhkan pemandangan yang indah, pepohonan yang menghijau berpadu jernihnya air sungai dijamin akan memberikan suasana teduh. Namun, keindahan alam yang  sebenarnya baru akan Anda temui sesampainya di Pegunungan Karst Rammang-Rammang.

Kawasan pegunungan seluas sekitar 45 hektar ini memiliki panorama yang sangat memikat. Deretan bukit Karst berdiri membentuk gugusan tebing-tebing batu yang menjulang tinggi nan kokoh. Warna kehitaman pada tebing batu berpadu cantik dengan tumbuhan hijau di atasnya membuat kawasan Karst ini terlihat seperti set pembuatan film King-Kong yang berlatar belakang area hutan. Pemandangan kawasan bebatuan Karst semakin eksotis berkat hamparan sawah yang luas di sekelilingnya.

Bagi Anda yang memiliki hobi fotografi, obyek wisata Pegunungan Karst Rammang-Rammang adalah surganya. Bahkan keindahan bebatuan kapur di Kabupaten Maros ini sudah ditetapkan oleh UNESCO sebagai kawasan cagar alam terbesar ketiga di dunia setelah Taman Hutan Batu Tsingy di Madagaskar dan Taman Hutan Batu Shilin di Cina.

Belum puas menikmati suguhan alam eksotis dari bebatuan Karst raksasa di Maros? Anda dapat berpetualang menjelajahi gua-gua yang terdapat di sekeliling Rammang-Rammang. Kabarnya, goa-goa tersebut berjumlah sekitar 400-an, dan 89 diantaranya merupakan goa pra sejarah yang menjadi tempat tinggal manusia purba ratusan ribu tahun lalu.

Goa-goa yang tersebar di kawasan pegunungan Karst ini memiliki kemolekan yang tak kalah cantik dengan pemandangan luar tebing kapur raksasa. Di dalam goa, Anda akan disuguhi pemandangan menakjubkan dari stalagtit dan stalagmit yang masih alami dan terbentuk utuh.

Berpetualang di kawasan cagar alam Pegunungan Karst Rammang-Rammang Sulawesi Selatan seolah tidak ada habisnya. Selain ditakjubkan dengan pemandangan alam eksotis bebatuan kapur terbesar ketiga di dunia, Anda bisa mengunjungi obyek wisata lain di kawasan tersebut seperti Telaga Bidadari, Goa Telapak Tangan, Taman Hutan Batu Kapur dan lain-lain. Anda juga bisa berkunjung ke perkampungan Berua untuk menikmati hidangan di rumah makan sekitar sambil melepas lelah menikmati pemandangan alam sekitar.

Tertarik berpetualang menjelajahi Pegunungan Karst Rammang-Rammang Sulawesi Selatan? Anda dapat memesan Paket Tour Makassar 3 Hari 2 Malam untuk menjelajahi pegunungan karst bersama kami. Segera booking perjalanan Anda bersama keluarga maupun pasangan melalui Arsy Tour & Travel. Selamat berpetualang! (rva)

Subscribe to receive free email updates: