Loko Mata, Batu Berisi Jenazah di Toraja

Loko Mata, Batu Berisi Jenazah di Toraja

Keunikan adat masyarakat Toraja ini menjadi satu destinasi menarik bagi wisatawan yang ingin mengetahui kuburan tersebut. Loko Mata merupakan lokasi wisata yang patut dikunjungi saat Anda datang ke Sulawesi Selatan. Letaknya berada di daerah Batu Tumonga, kabupaten Toraja Utara, Sulawesi Selatan. Batu Tumonga merupakan daerah yang letaknya berada di puncak paling tinggi di Rantepao.

Dari sana Anda akan dapat melihat dari ketinggian keadaan ibu kota Tana Toraja yang terhampar dengan hijaunya sawah dan pepohonan rindang. Selain itu, sepanjang perjalanan menuju Loko Mata tersebut terdapat pemandangan menarik lain yang dapat Anda kunjungi seperti deretan rumah adat tongkonan di Pallawa,dan batu menhir di Bori. Keindahan dan keunikan objek wisata ini tentu akan membuat diri Anda terpana dan ingin mengabadikan momen berharga tersebut.

Loko Mata merupakan salah satu objek wisata yang berupa batu besar yang berisi mayat. Tempat ini menjadi satu tempat penyimpanan mayat masyarakat Toraja sudah sejak jaman dahulu kala.
Adat istiadat masyarakat Toraja ini memang terbilang unik.

Biasanya mayat selalu dikuburkan. Namun saat Anda berkunjung di sana akan mendapati sebuah kuburan batu Loko Mata ini diisi dengan banyak mayat. Ada banyak lubang pada batu besar tersebut, yang mana setiap lubang batu itu berisi lebih dari satu mayat. Mayat dalam satu lubang tersebut masih memiliki hubungan keluarga.

Subscribe to receive free email updates: