Kuburan Gua Alam di Tampang Allo

Kuburan Gua Alam di Tampang Allo

Salah satu tempat wisata di Tana Toraja yang tidak kalah menarik adalah kuburan gua alam Tampang Allo yang berada di kelurahan Kaero, kecamatan Sangalla, Tana Toraja, Sulsel. Tempat wisata ini menjadi salah satu daya tarik wisata dikarenakan keunikan objek wisata tersebut berupa gua alam yang dijadikan sebagai tempat penguburan masyarakat Toraja jaman dahulu.

Kuburan ini berada pada ketinggian 807 meter diatas permukaan laut, dimana terletak di sebelah selatan Rantepao sekitar 23 km. Saat Anda memasuki kawasan kuburan tersebut akan melewati pematang sawah dan di depan kuburan gua tersebut juga terhampar sawah hijau.

Didalam kuburan tersebut ditemukan puluhan erong (peti mayat dengan bentuk binatang), tau-tau (patung), banyak tengkorak serta tulang-belulang masyarakat Toraja dahulu kala yang dikubur disana. Gua alam tersebut menjadi kuburan bagi penguasa Sanggala pada abad ke-16 dahulu. Menjadi tempat penguburan bagi Sang Puang Menturino beserta istri dan keluarganya.

Berdasarkan legenda yang ada di masyarakat, gua alam ini menjadi pilihan tempat dari Penguasa Sangalla tersebut sebagai tempat pemakaman kelak mereka meninggal. Namun konon jenazah Sang Puang Menturino dimakamkan di erong yang terpisah dengan istrinya. Namun, tiba-tiba erong pemakaman jenazah Sang Puang kosong dan telah bersatu dengan jenazah istrinya yang ada di Tampang Allo. Obyek wisata ini patut untuk dikunjungi sekaligus untuk mengenang sejarahnya.

Subscribe to receive free email updates: